Materi pengajaran seperti apa yang dimaksud dengan Kumon Japanese H Kumon Japanese H adalah sumber belajar untuk mengatasi 'bahasa Jepang yang sulit dibaca'.

2023-05-21

Bahasa Jepang (bahasa)

t f B! P L

Pada tingkat kelas berapa materi pengajaran Kumon Japanese H?

Kumon Japanese H adalah bahan ajar yang setara dengan kelas 2 SMP. Ini adalah level standar yang harus dipelajari oleh siswa SMP.

Jika Anda menyelesaikan materi ini di kelas 5, Anda dapat menerima piala sebagai 'Pembelajar Tingkat Tinggi'. Banyak siswa yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian masuk SMP pindah dari Kumon ke sekolah penjejalan untuk ujian masuk SMP di sekitar kelas 4, tetapi jika mereka telah maju ke tingkat ini, mereka telah memperoleh kemampuan yang cukup untuk mengambil keuntungan dari ujian masuk SMP.

Apa saja materi yang diajarkan di Kumon Japanese H?

Kumon Bahasa Jepang H dibagi menjadi H I dan H II. Pertama, mari kita lihat isi dari H I.

Membaca kalimat panjang sekitar 1200 karakter, Anda akan mengembangkan kemampuan untuk memahami hubungan antara berbagai ekspresi dalam teks, dan fungsi (peran dan fungsi) serta susunan setiap paragraf; menemukan 50 buku Suisen kelas H dan puisi haiku dan tanka, Anda akan memperluas bacaan dan kosakata Anda; dan Anda akan belajar bagaimana menggunakan karakter Kanji biasa, haiku dan puisi tanka. Mempelajari karakter Kanji biasa melalui puisi haiku dan tanka untuk memperluas kosakata.

Fitur utama dari kursus ini adalah penampilan haiku dan tanka. Jumlah pertanyaan pemahaman bacaan berdasarkan buku yang direkomendasikan telah dikurangi dan jumlah tulisan dalam pertanyaan pemahaman bacaan juga telah dikurangi.

Mari kita lanjutkan untuk memeriksa isi materi HII.

Siswa mempelajari keterampilan meringkas konten yang tumpang tindih, dll. dengan berfokus pada hubungan antara kata dan frasa. Siswa mengembangkan keterampilan menulis untuk meringkas beberapa bagian jawaban dengan memadatkan berdasarkan spesifikasi kata dan menyadari hubungan dan pengembangan antara kata dan kalimat. Kosakata diperluas melalui studi karakter Kanji biasa. Studi tata bahasa dan pemahaman bacaan pada tingkat ujian masuk sekolah menengah atas juga dilakukan berdasarkan keterampilan pemahaman bacaan yang dikembangkan dalam kursus.

Fokus utama dari materi H II adalah 'kontraksi'. Menariknya, di akhir materi H juga terdapat soal-soal untuk ujian masuk SMA.

Apa saja poin-poin penting dari strategi materi H?

Hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam materi H adalah munculnya 'ciri khas bahasa Jepang'. Apa maksudnya?

Meskipun bahasa Jepang adalah bahasa yang sama, bahasa Jepang memiliki karakteristiknya sendiri bagi mereka yang menulis dan berbicara, dan dalam beberapa kasus, komunikasi tidak dapat dilakukan bahkan dalam bahasa Jepang. Contoh yang paling jelas adalah dialek. Kata yang sama dapat memiliki nuansa yang berbeda di wilayah Kanto dan Kansai, dan dalam beberapa kasus, seperti Tsugaru-ben, bahkan tidak mungkin untuk memahami dialeknya. Bahasa Jepang adalah bahasa yang beragam.

Dan dapat dikatakan bahwa dalam materi pembelajaran H-lah keragaman itu muncul ke permukaan.

Hal pertama yang akan Anda perhatikan adalah kemunculan haiku dan tanka: haiku dan tanka tercakup dalam nomor 121 hingga 190 materi HI. Haiku dan tanka menggunakan kata-kata lama, dan tidak banyak orang dewasa yang secara intuitif dapat memahami maknanya. Teks-teks lain dalam materi kursus termasuk karya sastra yang sedikit lebih tua seperti "Sanshojo" dan "Dokutoru Mambo Ryoryu Ki", dan teks-teks yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan seperti "Selamat Datang di Kelas Anatomi" dan "Lumba-lumba Ingin Tahu", yang memiliki karakteristik khusus mereka sendiri.

Semua teks ini dapat dibaca tanpa masalah oleh mereka yang sudah terbiasa dan tidak menggunakan banyak terminologi yang sulit, tetapi teks-teks ini memiliki keunikan dalam struktur dan susunan kata-katanya serta membutuhkan gaya membaca yang sedikit berbeda.

Konsep 'kontraksi' muncul dari materi G, yang membutuhkan pemahaman yang tepat tentang konten serta kemampuan menulis. Namun, materi H ditandai dengan hambatan-hambatan yang tidak terlihat yang membuatnya sulit untuk dipahami.

'Kesulitan dalam membaca' itu beragam

Keunikan ini membuat sulit untuk mengatasi 'kesulitan membaca' secara sistematis. Hal ini dikarenakan keunikan yang kurang lebih unik untuk setiap penulis dan disiplin ilmu.

Sebagai contoh, keunikan sebuah karya sastra bisa jadi memiliki nuansa yang sama sekali berbeda dengan keunikan karya Osamu Dazai dengan karya Kenzaburo Oe. Bahkan dalam teks-teks yang berhubungan dengan sains, ada berbagai jenis kesulitan antara matematika, kimia, dan fisika. Tidaklah praktis untuk mengambil tindakan pencegahan terhadap setiap jenis kesulitan membaca yang sangat banyak.

Hanya ada satu solusi untuk kasus-kasus seperti itu. Alih-alih mengatasi setiap kesulitan membaca, fokuslah pada pengalaman membaca teks yang sulit itu sendiri.

Jika Anda baru saja membaca teks yang sulit, Anda akan berhenti pada "Saya sudah membacanya, tapi tidak masuk ke dalam kepala saya sama sekali". Namun, setelah Anda memiliki pengalaman memahami beberapa jenis bahasa Jepang yang sulit dibaca, Anda akan menyadari bahwa bahasa Jepang sebenarnya beragam dan teks yang sulit dibaca terkadang mengandung informasi yang sangat berharga.

Pengalaman ini akan membantu Anda ketika Anda dihadapkan dengan jenis kesulitan membaca lainnya. Ini adalah teks yang mengandung jenis kesulitan membaca yang sama dengan waktu itu, dan jika Anda dapat membacanya, Anda dapat melihat bahwa teks tersebut mungkin mengandung sesuatu yang menarik.

Apakah ada area di mana Anda memiliki hasrat untuk mengatasi kesulitan membaca?

Kita telah membahas tentang bagaimana pengalaman berperan ketika membaca teks yang sulit dibaca. Jadi, bagaimana Anda dapat mengambil langkah pertama untuk mendapatkan pengalaman tersebut?

Hal ini bergantung pada rasa ingin tahu anak Anda sendiri. Ini berarti memiliki satu hal yang mereka sukai dan cukup bersemangat untuk mengatasi kesulitan membaca.

Banyak dari teks soal Kumon adalah buku-buku terkenal. Jika dibaca dengan benar, buku-buku tersebut dapat memberikan dampak bagi kehidupan mereka di kemudian hari. Namun, tema-tema tersebut bersifat umum dan pokok bahasannya belum tentu sesuai dengan minat masing-masing individu. Meskipun materinya layak dibaca, tidak ada gunanya jika Anda tidak dapat mengatasi hambatan pertama dan tidak memahaminya.

Fakta bahwa Anda telah membaca teks yang lebih sulit yang lebih sesuai dengan minat anak Anda sebelumnya adalah keuntungan besar.

Yang paling jelas adalah mereka menyukai hal-hal seperti serangga, dinosaurus, atau kereta api. Jika mereka memiliki kerinduan untuk pergi ke luar negeri, mereka juga dapat mengambil manfaat dari membaca teks dalam bahasa lain. Jika orang tua membaca buku, mereka mungkin mencoba membaca buku-buku yang sulit karena ketertarikan mereka pada orang dewasa.

Upaya untuk mengekspos anak Anda ke tingkat dunia yang lebih tinggi tentang suatu bidang yang diminati dapat menjadi efektif.

Pengalaman mengatasi kesulitan membaca dapat mengubah masa depan.

Penting juga untuk dicatat bahwa memahami 'bahasa Jepang yang sulit' adalah kekuatan besar di dunia nyata.

Untuk pekerjaan yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, ini adalah buku-buku akademis dan tesis. Jika Anda bekerja di bidang hukum, Anda dapat membaca artikel dan preseden peradilan. Jika Anda seorang programmer, ada dokumen resmi. Tentu saja, di beberapa bidang, tidak jarang sumbernya menggunakan bahasa selain bahasa Jepang, tetapi bukan berarti Anda bisa memahaminya karena berbahasa Jepang. Tidak peduli seberapa besar peningkatan performa alat penerjemahan, akan selalu ada kesulitan dalam konten itu sendiri.

Kebanyakan orang akan pusing hanya dengan membaca teks yang sangat khusus. Itulah mengapa kemampuan membaca dan memahami teks memberi Anda keuntungan besar di dunia nyata. Ini tidak terbatas pada pekerjaan profesional. Bahkan jika Anda bekerja dengan para profesional, Anda akan sering dilirik hanya karena Anda dapat memahami beberapa pembicaraan teknis.

Hingga materi G, ada lebih banyak nuansa keterampilan akademik dasar. Contohnya, jumlah tulisan meningkat menjadi sekitar 50 kata dalam materi G, tetapi kemampuan menulis komposisi sekitar 50 kata adalah sesuatu yang dimiliki setiap orang setelah mereka dewasa. Namun, kemampuan yang dikembangkan dalam materi H berbeda. Kemampuan membaca pemahaman yang diperoleh di sini sebagai dasar juga akan meningkatkan kehidupan Anda setelah Anda menyelesaikan ujian masuk universitas.

Jika seorang anak sedang mempersiapkan ujian masuk SMP, dia mungkin akan berhenti dari Kumon sekitar kelas 4 SD. Saya pikir banyak dari mereka yang mengincar materi F, yang setara dengan kelas 6 SD. Namun, saya ingin mereka melangkah lebih jauh dan menargetkan materi H.

Tentu saja, ini bukan tugas yang mudah. Namun, keterampilan yang dikembangkan hingga materi G adalah keterampilan yang pada akhirnya akan dimiliki oleh kebanyakan orang. Saya pikir di materi H-lah Anda akan merasa senang telah mengikuti Kumon bahkan setelahnya.

Dalam hal ini, saya akan mengatakan bahwa materi H adalah titik balik.

Artikel populer

QooQ