Nilai sebenarnya dari buku-buku yang direkomendasikan Kumon Buku-buku tersebut memberikan jalan menuju pemahaman membaca tingkat atas untuk anak-anak di setiap tahap pendidikan mereka

2023-05-16

t f B! P L

Dalam edisi ini, fitur-fitur dari buku-buku yang direkomendasikan Kumon diperkenalkan. Nilai sebenarnya dari buku-buku ini terletak pada kenyataan bahwa buku-buku ini menunjukkan jalan dari buku bergambar pertama ke tingkat yang lebih tinggi dengan cara yang dapat dimengerti oleh semua orang, berkat adanya 'pembagian tingkat kesulitan'.

Buku-buku yang direkomendasikan Kumon dibagi lagi menjadi beberapa tingkat kesulitan

Salah satu karakteristik utama dari bahan ajar Kumon, tidak terbatas pada buku-buku yang direkomendasikan, adalah "pembagian tingkat kesulitan". Tingkat kesulitan dibagi dengan baik dari tingkat bayi hingga universitas, sehingga anak-anak dari segala usia dapat mulai belajar dari materi dengan tingkat kesulitan yang sesuai dengan tingkat pemahaman mereka.

Meskipun Kumon memiliki citra sebagai sekolah yang diperuntukkan bagi siswa kelas bawah sekolah dasar, namun berkat fitur "pembagian tingkat kesulitan" ini, bahkan anak-anak usia pra-sekolah dan sekolah menengah pertama pun dapat mencapai hasil yang luar biasa.

Fitur ini juga tercermin dalam pemilihan buku-buku yang direkomendasikan.

Membaca dapat dimulai pada tahap apa pun.

Buku-buku yang direkomendasikan Kumon tersedia untuk usia 0 hingga 15 tahun, dengan usia 0 hingga 2 tahun dikelompokkan menjadi 13 tingkat kesulitan.

Tingkatan dan usia hanya sebagai panduan. Kumon berkembang sesuai dengan tingkat pemahaman, bukan tingkat kelas atau usia, jadi meskipun dengan buku-buku yang direkomendasikan, Anda dapat mulai membaca pada tingkat yang sesuai dengan tingkat pemahaman Anda saat ini. Jika Anda terus membaca sesuai dengan tingkat kesulitan, Anda akan dapat meningkatkan pemahaman membaca Anda selangkah demi selangkah.

Anda dapat memperoleh keterampilan yang dapat digunakan untuk ujian masuk universitas dan seterusnya.

Kemudian, tentu saja, muncul pertanyaan, "Apa yang harus saya lakukan setelah usia 16 tahun?" Jawaban dari pertanyaan ini adalah: "Baca buku-buku yang direkomendasikan". Jawabannya adalah: "Jika Anda membaca semua buku yang direkomendasikan, Anda sudah bisa membaca sebagian besar buku tersebut. Hal ini karena buku-buku yang tercantum dalam buku rekomendasi tingkat tertinggi jauh melampaui tingkat SMP.

Dalam materi bahasa Jepang Kumon, setelah Anda menyelesaikan materi kelas I, Anda hampir tidak akan menemukan bahasa Jepang modern, dan Anda terutama akan membaca teks-teks kuno dan Cina. Ini berarti bahwa metode Kumon memiliki kebijakan untuk memperoleh semua keterampilan yang diperlukan untuk membaca bahasa Jepang modern hingga Kelas I. Faktanya, buku terakhir yang direkomendasikan oleh Kumon adalah Perang dan Damai karya Tolstoy, dan jika Anda dapat membacanya, hanya ada beberapa buku lain yang tidak dapat Anda baca.

Meskipun target usia yang dituju adalah hingga 15 tahun, namun dalam hal pemahaman membaca, buku-buku yang direkomendasikan Kumon mencakup ujian masuk universitas dan seterusnya.

Sebagian besar hal dapat dipelajari sendiri.

Setelah Anda memiliki kemampuan membaca yang memadai, Anda akan dapat mempelajari hampir semua hal secara mandiri.

Pemrograman, misalnya. Ini adalah tambahan dari mata pelajaran yang Anda pelajari di sekolah, dan jika Anda tidak memiliki pengalaman tentang hal itu sendiri, Anda tidak akan tahu bagaimana cara mempelajarinya. Namun, dalam pemrograman, semua informasi dapat ditemukan di dokumentasi resmi, dan programmer yang lebih baik mengacu pada dokumentasi resmi. Jika Anda dapat membaca dan memahami teks dengan benar, setidaknya Anda akan selalu dapat menjalankan program dalam ujian (sendirian).

Penelitian di universitas juga didasarkan pada membaca makalah dan buku-buku referensi, bukan? Tesis tidak dirancang untuk dibaca seperti buku-buku terlaris di toko buku. Isinya bersifat teknis dan sulit. Namun, jika Anda tidak membaca banyak makalah dan mendapatkan pengetahuan yang minim, Anda bahkan tidak akan bisa memulai penelitian Anda. Sebaliknya, sebagian besar makalah diterbitkan, jadi selama Anda memiliki keterampilan membaca pemahaman, Anda dapat memperoleh pengetahuan yang diperlukan sendiri.

Dalam dunia kerja, merupakan hal yang wajar untuk memahami dan dapat melakukan apa yang ada dalam dokumen dan manual. Di atas semua itu, ada sesuatu untuk menjaga hasil di bagian yang tidak terdokumentasikan secara jelas atau yang tidak dilakukan orang lain. Terutama akhir-akhir ini, dengan ketersediaan alat dan penyebaran pekerjaan jarak jauh karena bencana Corona, percakapan telah sangat berkurang dan beban komunikasi melalui dokumen dan teks meningkat secara dramatis.

Sering dikatakan bahwa tugas sekolah tidak berguna di masyarakat, tetapi ada banyak kesempatan sepanjang hidup di mana pembelajaran diperlukan. Mampu belajar sendiri akan memberi Anda lebih banyak pilihan dalam hidup.

Jadi, di mana saya dapat memeriksa buku-buku yang direkomendasikan Kumon?

Pertama, periksa daftar buku yang direkomendasikan.

Buku Rekomendasi Kumon

Anda dapat memeriksa buku-buku yang direkomendasikan berdasarkan kelas. Agak sulit untuk dibaca, tetapi Anda dapat mencetaknya, menempelkannya di dinding dan menggunakannya untuk mengisi buku-buku yang telah Anda baca.

Biarkan anak Anda melakukan apa yang ingin mereka lakukan.

Biarkan anak Anda melakukan apa yang ingin mereka lakukan. Ini adalah salah satu dasar dan cita-cita pengasuhan anak. Untuk mencapai hal ini, banyak orang berfokus pada sikap toleran dan menghasilkan uang yang cukup.

Namun, ketika Anda melihat kembali ke diri Anda sendiri, berapa banyak dari Anda yang mengatakan bahwa alasan Anda melepaskan apa yang ingin Anda lakukan adalah karena 'izin orang tua'? Lebih sering daripada tidak, itu karena mereka tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi impian mereka sejak awal, sebelum mereka melepaskan impian mereka karena orang tua mereka.

Banyak orang yang berhenti dari olahraga atau musik yang sudah lama mereka tekuni karena mereka menyadari bahwa mereka tidak cukup baik di tingkat yang lebih tinggi, atau karena orang tua mereka memutuskan bahwa lebih baik berkonsentrasi pada ujian masuk daripada melanjutkan. Akan menjadi kasus yang jarang terjadi ketika seorang siswa telah menerima undangan dari sekolah bergengsi atau asosiasi bisnis dengan rekomendasi, tetapi menyerah karena masalah orang tua. Tentu saja, pemahaman orang tua dan sumber daya keuangan merupakan faktor yang penting, tetapi prioritas yang lebih tinggi adalah meningkatkan kemampuan anak itu sendiri.

Dan pemahaman membaca adalah keterampilan yang sangat serbaguna. Mampu membaca buku, artikel, dan dokumen sangat penting ketika mempelajari subjek apa pun. Pemahaman membaca membutuhkan waktu untuk berkembang, tetapi ini adalah keterampilan yang sangat hemat biaya untuk ditanamkan melalui pendidikan karena sangat berguna.

Artikel populer

QooQ